Slider Widget

Responsive Advertisement

Ustaz Adi Hidayat Bilang Surat Ini Jaga Jasad Kita Nanti: Baca Setiap Malam Sebelum Tidur

 

Setiap malam sebelum tidur, Ustaz Adi Hidayat mengatakan ada surat yang sebaiknya dibaca.

Ustaz Adi Hidayat kemudian mengungkapkan betapa dahsyatnya keutamaan dari membaca surat ini. Salah satu dari keutamaan dari membaca surat ini adalah dijaganya jasad saat di alam kubur.

“Allah akan jaga jasadnya di alam kubur. Setiap waktu dapat cahaya,” ujar Ustaz Adi Hidayat, sebagaimana dikutip tvOnenews pada Sabtu (20/1/2024) dari YouTube Adi Hidayat Official.

Oleh karenanya, meski sangat mengantuk, setiap Muslim sebaiknya tetap menyempatkan untuk membaca surat ini.

Hal ini karena surat ini dapat membantu kita saat di alam kubur.

Lantas surat apakah yang dikatakan oleh Ustaz Adi Hidayat dapat menerangi jasad kita di alam kubur? “Sunnahnya sebelum tidur baca Al Mulk,” kata Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat mengatakan fadhilah surat Al Mulk akan menerangi jasad di alam kubur tercantum jelas dalam sebuah hadits.

“Al Mulk, disebutkan dalam riwayat akan memberikan cahaya di alam kubur,” ujar Ustaz Adi Hidayat. Berikut salah satu hadits yang menjelaskan fadhilah surat Al Muk berikan cahaya di alam kubur. At Tirmidzi meriwayatkan:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ ضَرَبَ بَعْضُ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خِبَاءَهُ عَلَى قَبْرٍ وَهُوَ لَا يَحْسِبُ أَنَّهُ قَبْرٌ فَإِذَا فِيهِ إِنْسَانٌ يَقْرَأُ سُورَةَ تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ حَتَّى خَتَمَهَا فَأَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي ضَرَبْتُ خِبَائِي عَلَى قَبْرٍ وَأَنَا لَا أَحْسِبُ أَنَّهُ قَبْرٌ فَإِذَا فِيهِ إِنْسَانٌ يَقْرَأُ سُورَةَ تَبَارَكَ الْمُلْكِ حَتَّى خَتَمَهَا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هِيَ الْمَانِعَةُ هِيَ الْمُنْجِيَةُ تُنْجِيهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

Dari Ibnu Abbas RA, dia berkata: “Sebagian sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam membuat kemah di atas pemakaman, ternyata ia tidak mengira jika berada di pemakaman, tiba-tiba ada seseorang membaca surat tabaarakal ladzii biyadihil mulku (Mahasuci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan sampai selesai, kemudian dia datang kepada Nabi SAW wasallam dan berkata; “Wahai Rasulullah sesungguhnya, aku membuat kemahku di atas kuburan dan saya tidak mengira jika tempat tersebut adalah kuburan, kemudian ada seseorang membaca surat Tabarak (surat) Al Mulk sampai selesai,

” Rasulullah SAW bersabda, “Dia adalah penghalang, dia adalah penyelamat yang menyelamatkannya dari siksa kubur.”

Namun Ustaz Adi Hidayat mengatakan bagi yang belum sanggup membaca surat Al Mulk sebaiknya belajar dengan membaca surat-surat lainnya.

“Kalau mau latihan dulu, ayat kursi boleh,” saran Ustaz Adi Hidayat. Ayat kursi adalah ayat ke-255 dari Surah Al-Baqarah. Selain ayat kursi, Ustaz Adi Hidayat juga menyarankan agar setiap Muslim melatih dengan tiga surat terakhir dalam Al-Qur’an.

“Makanya dilatih dengan yang kul kul dulu,” saran Ustaz Adi Hidayat. “Ada tiga Qul, Al ikhlas, Al Falaq, An Nas, itu haditsnya jelas, sebelum tidur kita baca itu,” jelas Ustaz Adi Hidayat.

Namun Ustaz Adi Hidayat mengingatkan bahwa ayat kursi dan tiga surat itu hanya untuk menghindarkan kita dari gangguan tidur dunia. “Itu gangguan pengantar dalam tidur dunia, tidur yang pendek yang mungkin besok bangun lagi,” kata Ustaz Adi Hidayat. “Supaya tidak diganggu setan,” lanjut Ustaz Adi Hidayat.

Hal ini karena kata Ustaz Adi Hidayat, meski kita sedang tertidur, setan tetap akan mengganggu. “Setan dalam tidur pun mengganggu, makanya ada yang mimpi buruk, ada saat tidur mencela,” jelas Ustaz Adi Hidayat.

Jika saat tidur, kita bermimpi marah atau mencela, itu artinya ada yang belum tuntas. Oleh karenanya, Ustaz Adi Hidayat menyarankan agar sebelum tidur amalkan zikir istighfar.

“Sebelum tidur istighfar, 70 kali, 100 kali,” saran Ustaz Adi Hidayat. Kemudian, sangat dianjurkan untuk membiasakan diri baca Al-Qur’an sebelum tidur. “Baca al kahfi kalau malam jumat, Al Mulk setiap malam,” saran Ustaz Adi Hidayat.

“Di antara fadhilahnya memberi cahaya di tidur yang panjang sebelum masuk alam bangkit,”kata Ustaz Adi Hidayat melanjutkan. Ustaz Adi Hidayat mengingatkan, jika di dunia, kita akan bangun pada esok harinya.

Namun di alam kubur, kita bangun ketika hari kiamat terjadi. Oleh karenanya, Ustaz Adi Hidayat mengingatkan agar setiap Muslim mempersiapkannya.

“Di alam kubur bangunnya kapan? nunggu kiamat, supaya cahayanya dapat terus, salah satu kemuliaannya Al Mulk,” tandas Ustaz Adi Hidayat.

Selain bacaan-bacaan yang disebutkan di atas, ternyata, juga ada amalan lain yang dianjurkan dibaca sebelum tidur. Berikut ayat dan zikir yang juga dapat diamalkan sebelum Anda tidur. Surat Al Baqarah Ayat 285

اٰمَنَ الرَّسُوۡلُ بِمَاۤ اُنۡزِلَ اِلَيۡهِ مِنۡ رَّبِّهٖ وَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ‌ؕ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰٓٮِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ ۚ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ اَحَدٍ مِّنۡ رُّسُلِهٖ‌ ۚ وَقَالُوۡا سَمِعۡنَا وَاَطَعۡنَا‌ ۖ غُفۡرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيۡكَ الۡمَصِيۡرُ

Aamanar-Rasuulu bimaaa unzila ilaihi mir-Rabbihii walmu’minuun; kullun aamana billaahi wa Malaaa’ikathihii wa Kutubhihii wa Rusulih laa nufarriqu baina ahadim-mir-Rusulihii wa qooluu sami’naa wa ata’naa ghufraanaka Rabbanaa wa ilaikal-masiir Artinya:

Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya.

(Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat.

Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.” Surat Al-Baqarah Ayat 286 لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفۡسًا اِلَّا وُسۡعَهَا ‌ؕ لَهَا مَا كَسَبَتۡ وَعَلَيۡهَا مَا اكۡتَسَبَتۡ‌ؕ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَاۤ اِنۡ نَّسِيۡنَاۤ اَوۡ اَخۡطَاۡنَا ‌ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَاۤ اِصۡرًا كَمَا حَمَلۡتَهٗ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِنَا ‌‌ۚرَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖ‌ ۚ وَاعۡفُ عَنَّا وَاغۡفِرۡ لَنَا وَارۡحَمۡنَا ۚ اَنۡتَ مَوۡلٰٮنَا فَانۡصُرۡنَا عَلَى الۡقَوۡمِ الۡكٰفِرِيۡنَ La yukallifullahu nafsan illa wusaha, laha ma kasabat wa alaiha maktasabat, rabbana la tu’akhizna in nasina au akhta’na, rabbana wa la tahmil alaina isran kama hamaltahu alal-lazina min qablina, rabbana wa la tuhammilna ma la taqata lana bih(i), wafu anna, wagfir lana, warhamna, anta maulana fansurna alal qaumil-kafirin Artinya:

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya.

(Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami.

Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” Zikir Sebelum Tidur Selain zikir istighfar, sebelum tidur Anda juga dapat mengamalkan zikir berikut ini.

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ اللهم أَسْتَغْفِرُكَ لِذَنْبِيْ وَأَسْأَلُكَ رَحْمَتَكَ اللهم زِدْنِيْ عِلْمًا وَلَا تُزِغْ قَلْبِيْ بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنِيْ وَهَبْ لِيْ مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابِ

Lâ ilâha illa Anta subhânaka Allâhumma astaghfiruka lidzanbika wa as`aluka rahmataka. Allâhumma zidnî ‘ilman wa lâ taza’ qalbî ba’da idz hadaitani wa hab lî min ladunka rahmatan innaka anta al-wahhâb. Artinya: “Tiada tuhan selain Engkau Maha Suci Engkau ya Allah, aku meminta ampun atas dosa-dosaku, dan aku meminta rahmat-Mu.

Ya Allah, tambahkan ilmu bagiku, jangan selewengkan hatiku sesudah Engkau memberinya hidayah, dan anugerahi aku rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Memberi Anugerah.” Itulah penjelasan mengenai amalan-amalan yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur.

Disarankan bertanya langsung kepada ulama atau pendakwah atau ahli agama Islam agar mendapatkan pemahaman yang lebih dalam. Wallahu’alam.

Sumber Berita / Artikel Asli : tv one

Give Comments