Slider Widget

Responsive Advertisement

Israel Menolak Semua Usulan Negara-negara Arab untuk Mengakhiri Perang Gaza Kata PM Qatar, Al-Thani



GLEGAR.COM - Israel menolak semua proposal Arab untuk mengakhiri perang Gaza Kata Qatar.

Perdana Menteri Qatar menegaskan bahwa mengakhiri perang di Gaza akan mengurangi ketegangan di wilayah tersebut.

Perdana Menteri Qatar Mohammed bin Abdul Rahman Al-Thani mengatakan pada 16 Januari di Forum Ekonomi Dunia di Davos bahwa Israel telah menolak semua proposal yang diajukan oleh negara-negara Arab untuk mengakhiri perang di Gaza.


“Negara-negara Arab mengusulkan beberapa solusi dan inisiatif terkait Gaza, namun Israel menolak semuanya,” kata Al-Thani di forum tersebut.

Inisiatif terbaru yang diusulkan Qatar menyerukan kesepakatan yang akan membuat para pemimpin Hamas meninggalkan Gaza dengan aman dengan imbalan pembebasan bertahap semua tahanan Israel dan penarikan pasukan Israel dari Jalur Gaza. Israel telah berjanji untuk terus berperang sampai Hamas tersingkir dari Gaza.


Hamas menolak usulan Qatar, dan berjanji tidak akan menerima kesepakatan apa pun sampai Israel mengakhiri serangannya di Gaza.

Hamas telah berulang kali menegaskan bahwa dalam kasus seperti itu, kesepakatan pertukaran apa pun akan dilakukan dengan dasar semua untuk semua, yang berarti bahwa para tahanan yang ditahan di Gaza hanya akan dibebaskan sebagai imbalan atas pembebasan seluruh warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara di seluruh Israel. .

“Kita perlu memikirkan bagaimana mengakhiri perang sesegera mungkin, bagaimana membebaskan para sandera, serta tahanan Palestina, dan mengatasi masalah di Tepi Barat,” yang menurut Al-Thani, tidak kalah pentingnya sulit dibandingkan situasi di Gaza.


Upaya untuk mencapai kesepakatan baru mengalami banyak kesulitan, tambah Al-Thani, sambil menyalahkan pemerintah ekstremis Israel atas pemboman tanpa pandang bulu dan niat genosida. “Gaza sudah tidak ada lagi,” lanjut perdana menteri Qatar.


Al-Thani menegaskan bahwa solusi dua negara adalah satu-satunya pilihan, dan Israel harus dipaksa menerima jalan ini. “Perlu adanya batasan waktu. Ini harus tidak bisa diubah lagi,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa Hamas adalah bagian dari sistem politik Palestina, dan bahwa “Palestina adalah satu-satunya pihak yang mempunyai pilihan untuk memiliki mereka… atau tidak.”

Mengenai upaya normalisasi Arab dengan Israel, Al-Thani menambahkan: “Kami semua, kami menunjukkan kesediaan kami untuk mengulurkan tangan, untuk mencapai perjanjian damai dengan Israel, jika mereka benar-benar bersedia terlibat dalam proses yang akan membuat perdamaian. Palestina pada akhirnya akan memiliki negaranya sendiri.”

Al-Thani juga mengatakan bahwa mengakhiri perang di Gaza akan mengurangi ketegangan di semua lini, khususnya kampanye maritim Yaman melawan kapal-kapal Israel di Laut Merah – yang, katanya, tidak lagi dibatasi oleh serangan militer.

“Kita perlu mengatasi permasalahan utama, yaitu Gaza, agar segala sesuatunya dapat diredakan… jika kita hanya berfokus pada gejala-gejalanya dan tidak mengatasi permasalahan yang sebenarnya, maka solusinya hanya bersifat sementara

Sumber: Tribunnews

Give Comments